RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN I Panyairan
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : VI
/ 1
Materi Pokok : Perkembangbiakan
makhluk hidup
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi :
2. Memahami cara perkembangbiakan
makhluk hidup
B. Kompetensi Dasar
2.1
Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut
usia
C. Indikator
1.
Menjelaskan
bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
2.
Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari
bayi sampai lanjut usia
D. Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui
diskusi, siswa dapat menjelaskan bahwa manusia
mengalami pertumbuhan dan perkembangan
2. Melalui
diskusi, siswa dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan
manusia mulai dari bayi sampai lanjut usia
E.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
Tekun,
Tanggung jawab dan Ketelitian
F. Ringkasan Materi Pembelajaran
Perkembangan dan
Pertumbuhan manusia
Tumbuh
adalah proses pertambahan ukuran dan jumlah sel. Berkembang adalah proses perubahan organ tubuh dan
fungsinya menuju ke kedewasaan. Bagaimanakah
proses yang terjadi pada masing-masing tahap? Pertumbuhan
dan perkembangan manusia berlangsung secara bertahap yaitu Masa Balita - Remaja - Dewasa - Lanjut Usia
1. Masa Balita
Masa
balita adalah masa anak di bawah usia lima tahun. Pada masa ini, anak tumbuh
dan berkembang sangat pesat. Saat baru lahir, kalian belum bisa melakukan
apa-apa. Waktu usia sebulan, indra penglihat dan pendengar mulai berfungsi.
Kalian sudah bisa melihat sinar dan mendengar suara
2. Masa Remaja
Masa
remaja dikenal sebagai masa puber. Pada masa puber terjadi perubahan fisik yang
sangat kelihatan. Hormon - hormon seksual mulai berfungsi. Antara laki - laki
dan perempuan mulai ada ketertarikan
3. Masa Dewasa
Masa dewasa satu tingkat lebih tinggi dari
masa remaja. Masa ini terjadi pada usia sekitar 20 tahun. Pada masa ini tidak
terjadi pertumbuhan Tetapi, pertumbuhan dan perkembangan secara emosional masih
terjadi. Pada masa dewasa, orang akan berpikir untuk bekerja dan menikah.
4. Masa Lanjut Usia
Masa lanjut usia disebut juga masa tua. Pada
masa ini terjadi penurunan fungsi
alat tubuh. Orang lanjut usia mulai kehilangan kekuatan otot tubuh.
G. Alokasi
Waktu :
(2 x 35 menit )
H. Strategi
Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : CTL
2.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi,
Pemberian tugas
I. Kegiatan Pembelajaran
Siswa
1.
Pendahuluan (5 menit)
- Guru mengucapkan salam, dan memeriksa kehadiran peserta
didik sebelum memulai pelajaran
- Menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan Kompetensi yang akan dicapai setelah pembelajaran selesai
-
Mengadakan Apersepsi untuk membangkitkan semangat belajar dengan
cara
“Melakukan tanya jawab untuk mengaitkan
materi pelajaran yang telah disampaikan dengan materi yang akan diajarkan,
kemudian memperlihatkan gambar perkembangan manusia melalui media pembelajaran“
|
|
2.
Kegiatan Inti (55 menit)
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-
Menjelaskan bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
-
Peserta didik secara aktif mengamati gambar tahapan pertumbuhan dan
perkembangan tubuh manusia melalu media pembelajaran.
-
Membagi peserta didik menjadi 5 kelompok diskusi,
dengan anggota masing - masing kelompok 5 orang
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
-
Membagikan Lembar Kerja yang harus diisi kepada masing
- masing kelompok
-
Menugaskan kepada peserta didik untuk mendiskusikan dan
mengisi Lembar Kerja yang telah diberikan, yang berisi tentang pertumbuhan
dan perkembangan
manusia
-
Memberi kesempatan peserta didik dalam kegiatan diskusi
untuk bertanya, berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut
-
Setelah selesai membahas Lembar Kerja peserta didik,
guru mempersilahkan peserta didik membuat laporan hasil diskusi yang dilakukan
secara tertulis dari masing - masing kelompok kemudian dikumpulkan.
-
Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja diskusi dari masing - masing kelompok
-
Pendidik bersama peserta didik membahas hasil kerja
diskusi dari masing - masing kelompok
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
-
Memanggil dari masing - masing kelompok untuk menyajikan
laporan hasil kerjasama diskusi dari masing - masing kelompoknya
- Bersama peserta didik membahas hasil kerjasama diskusi,
bertanya jawab, meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
|
3.
Penutup (10 menit)
- Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan,
memberi kesempatan dan membuat rangkuman
-
Uji Kompetensi
-
Merencanakan kegiatan tindak lanjutdalam bentuk remidi,
program pengayaan dan memberikan tugas, baik tugas individual maupun tugas
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
|
|
|
|
J. Media dan
Sumber Belajar
1. Buku
Sumber Belajar : Ilmu Pengetahuan Alam BSE
Untuk kelas VI Sekolah Dasar
Pusat Perbukuan Depdiknas
Karya Dwi, Isnani, Yulinda. Halaman 13 - 18
2.
Media Pembelajaran : Gambar
Pertumbuhan dan Perkembangan manusia
3.
Alat dan Bahan : Multimedia
elektronik
K.
Penilaian:
1.
Tehnik Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Menjelaskan
bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
o Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
|
Tugas Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
|
o Jelaskanlah tahap -
tahap perkembangan dan pertumbuhan manusia
o
Jelaskanlah perkembangan dan pertumbuhan manusia
dari balita sampai lanjut usia
|
2. Kriteria Penilaian Proses
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Kerjasama
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif kerjasama
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
3. Kriteria Penilaian Hasil
Belajar
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Jika semua jawaban benar
|
100
|
Jumlah skor
Nilai = x100
Jumlah skor
maksimal
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
..................., ..........
20....
Guru Kelas VI
|
LAMPIRAN 1
LEMBAR KERJA SISWA
A. Petunjuk Kegiatan
Ø Bacalah bassmallah sebelum memulai kegiatan
Ø Bekerjalah dengan sungguh - sungguh
Ø Diskusikan dengan teman kelompokmu
B. Petunjuk Pengisian
Ø Gunakan pensil atau bollpoint tinta untuk mengisi
lembar kerja
Ø Isilah lembar kerja kegiatan dengan tulisan jelas,
bersih, dan rapi, jangan ada corat-coret
Ø Isilah pada kolom yang kosong dalam lembar kerja
dengan jawaban yang telah didiskusikan bersama kelompokmu
1. Diskusikan Tanda - tanda perubahan
fisik yang terjadi pada masa puber.
Masukkan hasil diskusimu dalam tabel berikut !
NO
|
BAGIAN TUBUH
|
PERUBAHAN YANG TERJADI
|
|
LAKI - LAKI
|
PEREMPUAN
|
||
1
|
Wajah
|
|
|
2
|
Leher
|
|
|
3
|
Dada
|
|
|
4
|
Ketiak
|
|
|
5
|
Tangan
|
|
|
6
|
Pinggul
|
|
|
7
|
Organ Reproduksi
|
|
|
8
|
Kaki
|
|
|
2. Jelaskan tahapan pertumbuhan dan perkembangan
manusia !
3. Jelaskan pertumbuhan dan perkembangan manusia sejak masa balita sampai
lanjut usia !
Kelompok :................
Anggota
1. 3. 5.
2. 4. 6.
LAMPIRAN II
A. Lembar
Soal
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN EMPANG
UPTD
PENDIDIKAN KECAMATAN BALONGAN
SEKOLAH DASAR NEGERI I PANYAIRAN
Jalan : Terusan Makam Pahlawan no 212 Balongan Empang
ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas /
Semester : VI / Satu
Waktu :
I. Pilihlah satu huruf a, b, c, atau
d pada jawaban yang paling tepat !
1.
Pada saat bayi lahir tinggi tubuhnya 32 cm, setelah beberapa bulan kemudian
tinggi badannya
bertambah menjadi 40 cm. Ini terjadi karena
proses.................
a. Pertumbuhan b.
Perkembangbiakan c.
Perkembangan d. Reproduksi
2. Bayi secara perlahan
akan memiliki kemampuan mengisap, menelan, dan memegang. Hal ini
menunjukan peristiwa....
a. Berkembangbiak b.Pertumbuhan c. Reproduksi d. Perkembangan
3. Anak perempuan
mengalami perubahan tubuh pada masa pubertas, antara lain.....
a. Tumbuh jakun c.
Tumbuh payudara
b. Suara membesar d.
Rambut menjadi panjang
4. Anak laki - laki
mengalami perubahan tubuh pada masa pubertas, antara lain.....
a. Rambut menjadi panjang c. Pinggul
membesar
b. Tumbuh jakun d. Kaki
membesar
5. Andi bahunya menjadi
bidang, suaranya membesar, tumbuh kumis, hal ini menunjukan ciri - ciri......
a. Anak-anak b.
Remaja c.
Dewasa d. Tua
III. Jawablah dengan singkat dan jelas !
1. Apa perbedaan tumbuh
dan berkembang pada manusia ?
2. Tuliskan tahap - tahap
pertumbuhan dan perkembangan pada manusia !
B. Kunci Jawaban
I. 1.A 2.D 3.C 4.B 5.B
II. 1.Tumbuh adalah
proses pertambahan ukuran dan jumlah sel
Berkembang adalah proses perubahan organ
tubuh dan fungsinya menuju ke kedewasaan
2. Masa Balita - Remaja - Dewasa - Lanjut
Usia
C. Kriteria Penilaian
Jumlah skor
Nilai = x100
jumlah skor
maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar