Jumat, 05 April 2013

RPP IPA Kelas VI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :          SDN I Panyairan
Mata Pelajaran          :           Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester          :           VI / 1
Materi Pokok             :           Perkembangbiakan makhluk hidup
Waktu                         :           2 x 35 menit


A.    Standar Kompetensi       :
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup

B.     Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia

C.    Indikator
1.      Menjelaskan bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
2.      Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia

D.    Tujuan Pembelajaran:
1.   Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
2. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan manusia mulai dari bayi sampai lanjut usia

E. Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, Tekun,
                                                                       Tanggung jawab dan   Ketelitian

F. Ringkasan Materi Pembelajaran

Perkembangan dan Pertumbuhan manusia

            Tumbuh adalah proses pertambahan ukuran dan jumlah sel. Berkembang adalah proses perubahan organ tubuh dan fungsinya menuju ke kedewasaan. Bagaimanakah proses yang terjadi pada masing-masing tahap?  Pertumbuhan dan perkembangan manusia berlangsung secara bertahap yaitu Masa Balita - Remaja - Dewasa - Lanjut Usia

1. Masa Balita
            Masa balita adalah masa anak di bawah usia lima tahun. Pada masa ini, anak tumbuh dan berkembang sangat pesat. Saat baru lahir, kalian belum bisa melakukan apa-apa. Waktu usia sebulan, indra penglihat dan pendengar mulai berfungsi. Kalian sudah bisa melihat sinar dan mendengar suara
2. Masa Remaja
            Masa remaja dikenal sebagai masa puber. Pada masa puber terjadi perubahan fisik yang sangat kelihatan. Hormon - hormon seksual mulai berfungsi. Antara laki - laki dan perempuan mulai ada ketertarikan
3. Masa Dewasa
Masa dewasa satu tingkat lebih tinggi dari masa remaja. Masa ini terjadi pada usia sekitar 20 tahun. Pada masa ini tidak terjadi pertumbuhan Tetapi, pertumbuhan dan perkembangan secara emosional masih terjadi. Pada masa dewasa, orang akan berpikir untuk bekerja dan menikah.
4. Masa Lanjut Usia
Masa lanjut usia disebut juga masa tua. Pada masa ini terjadi penurunan fungsi alat tubuh. Orang lanjut usia mulai kehilangan kekuatan otot tubuh.

G.    Alokasi Waktu                             : (2 x 35 menit )

H.    Strategi Pembelajaran
1. Model Pembelajaran                 : CTL
2. Metode Pembelajaran               : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Pemberian tugas




I.       Kegiatan Pembelajaran Siswa

1.      Pendahuluan (5 menit)
-   Guru mengucapkan salam, dan memeriksa kehadiran peserta didik sebelum memulai pelajaran
-  Menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan Kompetensi yang akan dicapai setelah pembelajaran selesai
-       Mengadakan Apersepsi untuk membangkitkan semangat belajar dengan cara
“Melakukan tanya jawab untuk mengaitkan materi pelajaran yang telah disampaikan dengan materi yang akan diajarkan, kemudian memperlihatkan gambar perkembangan manusia melalui media pembelajaran“



2.      Kegiatan Inti (55 menit)
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-       Menjelaskan bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
-       Peserta didik secara aktif mengamati gambar tahapan pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia melalu media pembelajaran.
-       Membagi peserta didik menjadi 5 kelompok diskusi, dengan anggota masing - masing kelompok 5 orang

Ø  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
-       Membagikan Lembar Kerja yang harus diisi kepada masing - masing kelompok
-       Menugaskan kepada peserta didik untuk mendiskusikan dan mengisi Lembar Kerja yang telah diberikan, yang berisi tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia
-       Memberi kesempatan peserta didik dalam kegiatan diskusi untuk bertanya, berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
-       Setelah selesai membahas Lembar Kerja peserta didik, guru mempersilahkan peserta didik  membuat laporan hasil diskusi yang dilakukan secara tertulis dari masing - masing kelompok kemudian dikumpulkan.
-       Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja diskusi dari masing - masing kelompok
-       Pendidik bersama peserta didik membahas hasil kerja diskusi dari masing - masing kelompok

Ø  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
-       Memanggil dari masing - masing kelompok untuk menyajikan laporan hasil kerjasama diskusi dari masing - masing kelompoknya
-      Bersama peserta didik membahas hasil kerjasama diskusi, bertanya jawab, meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan



3.      Penutup (10 menit)
-    Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan, memberi kesempatan dan membuat rangkuman
-       Uji Kompetensi
-       Merencanakan kegiatan tindak lanjutdalam bentuk remidi, program pengayaan dan memberikan tugas, baik tugas individual maupun tugas kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik





J.      Media dan Sumber Belajar
1. Buku Sumber Belajar    : Ilmu Pengetahuan Alam BSE
                                            Untuk kelas VI Sekolah Dasar
                                            Pusat Perbukuan Depdiknas
                                            Karya Dwi, Isnani, Yulinda. Halaman 13 - 18
2. Media Pembelajaran      : Gambar Pertumbuhan dan Perkembangan manusia
3. Alat dan Bahan              : Multimedia elektronik



K.    Penilaian:

1. Tehnik Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o   Menjelaskan bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
o  Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
Tugas Kelompok


Laporan dan unjuk kerja


o  Jelaskanlah tahap - tahap perkembangan dan pertumbuhan manusia

o   Jelaskanlah perkembangan dan pertumbuhan manusia dari balita sampai lanjut usia

2. Kriteria Penilaian Proses

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Kerjasama



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  kerjasama
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 3. Kriteria Penilaian Hasil Belajar

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Jika  semua jawaban benar

100

                      Jumlah skor                 
Nilai =                                        x100
              Jumlah skor maksimal  



Mengetahui
Kepala Sekolah










...................,  ..........     20....
Guru Kelas VI





LAMPIRAN 1

LEMBAR KERJA SISWA

A. Petunjuk Kegiatan
Ø  Bacalah bassmallah sebelum memulai kegiatan
Ø  Bekerjalah dengan sungguh - sungguh
Ø  Diskusikan dengan teman kelompokmu

B. Petunjuk Pengisian
Ø  Gunakan pensil atau bollpoint tinta untuk mengisi lembar kerja
Ø  Isilah lembar kerja kegiatan dengan tulisan jelas, bersih, dan rapi, jangan ada corat-coret
Ø  Isilah pada kolom yang kosong dalam lembar kerja dengan jawaban yang telah didiskusikan bersama kelompokmu

1.  Diskusikan Tanda - tanda perubahan fisik yang terjadi pada masa puber.
            Masukkan hasil diskusimu dalam tabel berikut !

NO
BAGIAN TUBUH
PERUBAHAN YANG TERJADI
LAKI - LAKI
PEREMPUAN
1
Wajah


2
Leher


3
Dada


4
Ketiak


5
Tangan


6
Pinggul


7
Organ Reproduksi


8
Kaki




2. Jelaskan tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia !




3. Jelaskan pertumbuhan dan perkembangan manusia sejak masa balita sampai lanjut usia !














Kelompok :................
Anggota
1.                                                         3.                                             5.
2.                                                         4.                                             6.












LAMPIRAN II

A.  Lembar Soal


DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN EMPANG
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN BALONGAN
SEKOLAH DASAR NEGERI I PANYAIRAN 
Jalan : Terusan Makam Pahlawan no 212 Balongan Empang

ULANGAN HARIAN

Mata Pelajaran            : IPA
Kelas / Semester          : VI / Satu
Waktu                         :

I. Pilihlah satu huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !

1. Pada saat bayi lahir tinggi tubuhnya 32 cm, setelah beberapa bulan kemudian tinggi badannya
    bertambah menjadi 40 cm. Ini terjadi karena proses.................
            a. Pertumbuhan           b. Perkembangbiakan              c. Perkembangan         d. Reproduksi

2. Bayi secara perlahan akan memiliki kemampuan mengisap, menelan, dan memegang. Hal ini
    menunjukan peristiwa....
            a. Berkembangbiak     b.Pertumbuhan                        c. Reproduksi              d. Perkembangan

3. Anak perempuan mengalami perubahan tubuh pada masa pubertas, antara lain.....
            a. Tumbuh jakun                                                         c. Tumbuh payudara
            b. Suara membesar                                                      d. Rambut menjadi panjang

4. Anak laki - laki mengalami perubahan tubuh pada masa pubertas, antara lain.....
            a. Rambut menjadi panjang                                        c. Pinggul membesar
            b. Tumbuh jakun                                                         d. Kaki membesar

5. Andi bahunya menjadi bidang, suaranya membesar, tumbuh kumis, hal ini menunjukan ciri - ciri......
            a. Anak-anak               b. Remaja                                c. Dewasa                    d. Tua


III. Jawablah dengan singkat dan jelas !

1. Apa perbedaan tumbuh dan berkembang pada manusia ?

2. Tuliskan tahap - tahap pertumbuhan dan perkembangan pada manusia !



B. Kunci Jawaban

I. 1.A   2.D      3.C      4.B      5.B     

II. 1.Tumbuh adalah proses pertambahan ukuran dan jumlah sel
        Berkembang adalah proses perubahan organ tubuh dan fungsinya menuju ke kedewasaan

     2. Masa Balita - Remaja - Dewasa - Lanjut Usia


C. Kriteria Penilaian

                      Jumlah skor                 
Nilai =                                        x100
              jumlah skor maksimal  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar