Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : Sekolah Dasar Negeri ...........
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V / 2
Hari / Tanggal : ………………
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tahun Ajaran : 20.. - 20..
I. Standar Kompetensi:
Menerapkan Sifat-Sifat Cahaya Melalui Kegiatan Membuat Suatu Karya / Model
II. Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
III. Indikator :
1. Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, gelap)
2. Mengidentifikasi sipat cahaya dapat merambat lurus
3. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi cahaya dapat merambat lurus
4. Menyimpulkan hasil eksperimen
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan
1. Siswa dapat menjelaskan sipat cahaya dapat merambat lurus
2. Siswa dapat memberikan contoh lain pada sipat cahaya yang dapat merambat lurus
3. Siswa dapat menyebutklan alat dan bahan yang dipakai pada pengamatan sipat cahaya dapat merambat lurus
V. Materi Pembelajaran
Cahaya dan sipat- sipatnya
Ringkasan Materi
Dapatkah kamu melihat benda-benda yang ada di sekelilingmu dalam keadaan gelap? Kamu tentu menjawab tidak dapat. Tahukah kamu mengapa kita hanya dapat melihat benda-benda ketika ada cahaya yang mengenai benda tersebut? Cahaya yang masuk melalui jendela kamarmu di pagi hari merambat lurus. Merambat lurus merupakan salah satu sifat cahaya.
A. Sifat-Sifat Cahaya
Benda-benda yang ada di sekitar kita dapat kita lihat apabila ada cahaya yang mengenai benda tersebut. Cahaya yang mengenai benda akan dipantulkan oleh benda ke mata sehingga benda tersebut dapat terlihat. Cahaya berasal dari sumber cahaya. Semua benda yang dapat memancarkan cahaya disebut sumber cahaya. Contoh sumber cahaya adalah matahari, lampu, senter, dan bintang. Cahaya memiliki sifat merambat lurus, menembus benda bening, dan dapat dipantulkan.
1. Cahaya Merambat Lurus
Pernahkah kamu melihat cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah atau jendela yang ada di rumahmu? Bagaimana arah rambatan cahaya tersebut? Cahaya yang masuk melalui celah-celah jendela merambat lurus. itu menunjukkan bahwa sipat cahaya merambat lurus. Sifat cahaya yang merambat lurus ini dimanfaatkan manusia pada lampu senter dan lampu kendaraan bermotor
VI. Metode Pembelajaran
1. Tanya Jawab
2. Diskusi
3. Eksperimen
4. Pemberian Tugas
VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal ( 10 menit)
Untuk mengawali kegiatan pembelajaran ini guru dapat mengadakan apersepsi dengan cara memperlihatkan gambar ketika siang dan malam hari. Guru dapat mengajujkan pertanyaan, apa saja yang kamu lihat pada gambar ini? Siswa diarahkan pada jawaban yang terdapat di gambar tersebut misalnya matahari, bulan, lampu pijar dan senter disebut sebagai sumber cahaya. Setelah itu guru dapat mengajukan pertanyaan kepada siswa misalnya sebagai berikut.
· Pada saat belajar tiba–tiba listrik di rumah padam, apakah kalian akan meneruskan belajar? Mengapa?
· Mengapa pada malam hari kita memerlukan penerangan?
B. Kegiatan Inti ( 45 menit)
1. Guru membimbing siswa menemukan sendiri konsep mengenai cahaya.
2. Guru dan siswa mengadakan tanya jawab tentang konsep cahaya
3. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan tentang sipat cahaya dapat merambat lurus
4. Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) kepada masing–masing kelompok belajar
5. Siswa dengan dibimbing oleh guru mengadakan eksperimen sesuai dengan petunjuk dalam LKS tentang sipat cahaya dapat merambat lurus
6. Siswa melaporkan hasil diskusi tentang sipat cahaya yang dapat merambat lurus
7. Guru mengumumkan hasil diskusi terbaik
C. Kegiatan Akhir ( 15 menit)
1. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi pelajaran yang belum dipahami
2. Guru menyimpulkan materi pelajaran
3. Guru mengadakan evaluasi
4. Guru menutup pelajaran
VIII. Alat, Sumber dan Bahan Pelajaran
A. Alat dan Bahan Pelajaran : 1. Gambar keadaan siang dan malam
2. 3 lembar karton, 3 kayu penjepit, lilin, dan
korek api
B. Sumber pelajaran : 1. IPA untuk SD kelas V Penerbit Erlangga
IX. Penilaian
1. Prosedur Tes : tes proses dan akhir
2. Jenis tes : tes tertulis
3. Bentuk tes : Uraian
Mengetahui, .......................,....................20........
Kepala SDN Guru Kelas Lima.................................... ...........................................
nip........... nip..........................................
LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran : IPA
Konsep : Cahaya dan Sipat-sipatnya
Materi Pokok : Cahaya dapat merambat lurus
Kelas / Smtr : V / 2
A.Petunjuk Umum
1. Mulailah dengan membaca basmalah
2. Siapkan alat-alat yang akan digunakan
KARTON KOREK API LILIN PENJEPIT PAKU
3. Lakukan kegiatan secara berurutan
4. Selamat bekerja
B.Langkah Kegiatan
1. Ambilah sebatang lilin! Apakah lilin bercahaya?
Jawab;……
Jika lilin dinyalakan dengan korek api, apa yang terjadi?
Jawab:
Lilin menjadi……… dan menghasilkan…………
2. Buatlah lubang kecil di bagian tengah pada karton1, karton2, karton3 dengan paku dan masukan masing-masing penjepit pada karton!
Karton 1 Karton 2 Karton 3
C. Gunakan lubang kecil untuk melihat lilin !
a. Letakan karton 1 di depan lilin yang sudah menyala, apakah cahaya lilin terlihat jelas ?
Jawab; Cahaya Lilin………………
b. Letakan karton 1 dan karton 2 lurus dengan lilin, apakah cahaya lilin terlihat dengan jelas?
Jawab: Cahaya Lilin…..
c. Geser karon 2 sejauh 5 cm kearah kanan 1
Jawab: Cahaya Lilin…..
d. Letakan karton 1, karton2, dan karton3 tidak dalam saru garis lurus di depan lilin
Jawab: Cahaya Lilin…..
e. Letakan karton 1, karton 2, dan karton 3 ada dalam satu garis lurus di depan lilin
Jawab: Cahaya Lilin….
f. Dari kegiatan di atas, apa yang dapat kamu simpulkan?
Kesimpulan
Jadi, cahaya dapat……
LEMBAR SOAL EVALUASI
Nama Sekolah : Sekolah Dasar Negeri …………..
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Konsep : Sipat-sipat Cahaya
Kelas / Semester : V / 2
A. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas !
1. Berdasarkan dapat tidaknya memancarkan cahaya benda dikelompokan menjadi………..macam
2. Benda yang dapat memancarkan cahaya disebut…………….
3. Benda yang tidak dapat memancarkan cahaya disebut………
4. Salah satu sipat cahaya diantaranya yaitu………..
5. Benda tidak tembus cahaya yaitu…
.
B. Kunci Jawaban
1. 2 macam
2. Sumber Cahaya
3. Benda Gelap
4. Cahaya merambat lurus
5. Kertas, Karton, Triplek, Kayu dan tembok
C. Kriteria Penilaian
Setiap jawaban yang benar mendapatkan skor 20
Skor maksimal 100
Skor perolahan siswa
Nilai akhir = x 100
Skor Maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar