Kamis, 03 Juni 2010

RPP,RENCANA PELAKSANAAAN PEMBELAJARAN IPA SD KELAS V LENGKAP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : Sekolah Dasar Negeri ………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V / 2
Hari / Tanggal : ………………..
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tahun Ajaran : 20…. – 20….

I. Standar Kompetensi:
Menerapkan Sifat-Sifat Cahaya Melalui Kegiatan Membuat Suatu Karya / Model

II. Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya

III. Indikator :
  1. Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai permukaan cermin
  2. Mengidentifikasi sipat cahaya dapat dipantulkan
  3. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi cahaya dapat dipantulkan
  4. Menyimpulkan hasil eksperimen

IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan
  1. Siswa dapat menjelaskan sipat cahaya dapat dipantulkan
  2. Siswa dapat memberikan contoh lain pada sipat cahaya yang dapat dipantulkan
  3. Siswa dapat menyebutklan alat dan bahan yang dipakai pada pengamatan sipat cahaya dapat dipantulkan

V. Materi Pembelajaran

Cahaya dan sipat- sipatnya

Ringkasan Materi

A. Sifat-Sifat Cahaya
Benda-benda yang ada di sekitar kita dapat kita lihat apabila ada cahaya yang mengenai benda tersebut. Cahaya yang mengenai benda akan dipantulkan oleh benda ke mata sehingga benda tersebut dapat terlihat. Cahaya berasal dari sumber cahaya. Semua benda yang dapat memancarkan cahaya disebut sumber cahaya. Contoh sumber cahaya adalah matahari, lampu, senter, dan bintang. Cahaya memiliki sifat merambat lurus, menembus benda bening, dan dapat dipantulkan.

Temanmu dapat terlihat di cermin karena cahaya yang berasal dari temanmu dipantulkan ke cermin, kemudian oleh cermin dipantulkan kembali ke mata. Hal ini merupakan salah satu sifat cahaya yaitu cahaya dapat dipantulkan jika mengenai suatu permukaan.Ketika cahaya mengenai permukaan yang licin,seperti cermin datar, cahaya akan dipantulkan. Cermin datar akan memantulkan sinar pada satu arah saja.
Pemantulan cermin ini disebut pemantulan teratur. Akan tetapi, jika cahaya mengenai permukaan yang kasar, pantulan cahayanya akan terhambur ke segala arah. Pemantulan cahaya seperti ini disebut pemantulan baur (difus).

VI. Metode Pembelajaran
  1. Tanya Jawab
  2. Diskusi
  3. Eksperimen
  4. Pemberian Tugas

VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

A. Kegiatan Awal ( 10 menit)
Untuk menggali pengalaman siswa tentang kegunaan cermin dalam kehidupansehari-hari guru dapat mengadakan apersepsi dengan cara mengajukan pertanyaan,
  • Coba ambil sentermu!
  • Nyalakan lampu senter itu dan arahkan ke cermin? Apa yang kamu lihat?

B. Kegiatan Inti ( 45 menit)
  • Guru membimbing siswa menemukan sendiri konsep mengenai beberapa contoh cermin datar,, cembung dan cekung
  • Meminta siswa mengamati sipat cahaya yang dapat dipantulkan
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan tentang sipat cahaya dapat dipantulkan
  • Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) kepada masing–masing kelompok belajar
  • Siswa dengan dibimbing oleh guru mengadakan eksperimen sesuai dengan petunjuk dalam LKS tentang sipat cahaya dapat dipantulkan
  • Siswa melaporkan hasil diskusi tentang sipat cahaya yang dapat dipantulkan
  • Guru mengumumkan hasil diskusi terbaik

C. Kegiatan Akhir ( 15 menit)
  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi pelajaran yang belum dipahami
  • Guru menyimpulkan materi pelajaran
  • Guru mengadakan evaluasi
  • Guru menutup pelajaran

VIII. Alat, Sumber dan Bahan Pelajaran

A Alat dan Bahan Pelajaran : 1. Gambar cermin
2. Senter, cermin datar, kertas sendok dan penggaris
B. Sumber pelajaran : 1. IPA untuk SD kelas V Penerbit Erlangga


IX. Penilaian
  1. Prosedur Tes : tes proses dan akhir
  2. Jenis tes : tes tertulis
  3. Bentuk tes : Uraian




Mengetahui,
Kepala Sekolah



………………………….
NIP …………………………….. …………………., …………20…..
Guru Kelas Lima



……………………..
NIP ………………………..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar